Filipina dari Pendudukan Spanyol Sampai Rezim Marcos

Sejarah Filipina dari Pendudukan Spanyol Sampai Rezim Marcos - Wilayah Filipina terletak di asia tenggara yang terdiri atas 7.107 pulau besar maupun kecil. Namun sedikit pulau yang sudah dihuni. Dua pulau besar yaitu luzon di sebelah utar dan mindanao di sebelah selatan. 

Sebenarnya pulau-pulau ini adalah bagian dari pegunungan vulkanik yang sebagian puncaknya berada di bawah permukaan laut. Gunung Apo setinggi 2.954 M di pulau Mindanao adalah puncak tertinggi di negara ini. Filipina menempati wilayah tropis dengan iklim yang panas dan lembap sepanjang tahun. 

Satu tahun rata-rata mencapai 27derajat celcius, sedangkan curah hujan tahun rata-rata 2.030 MM. Luas wilayah Filipina mencakup 300.000 km2. kawasan ini pertama kali ditemukan oleh seorang spanyol bernama Ferdinand Magelan yang berlabuh di pulau Homonhon di tenggara Samar pada tanggal 16 Maret tahun 1521.

1) Budaya filipina 
2) Sejarah kamboja
3) Filipina lagu kebangsaan  
4) Sejarah singkat berdirinya negara filipina 
5) Sejarah kemerdekaan filipina 
6) Profil negara filipina lengkap
7) Hari kemerdekaan filipina

Penduduk filipina terdiri atas lebih dari 100 kelompok etnik yang beragam bahasa dan dialek. Bahasa resmi negara filipina adalah (Tagalog). Sementara bahasa Inggris digunakan secara luas dalam komunikasi bisnis dan pemerintahan.{1}

Lebih dari 80% penduduk filipina beragama katolik Roma. Dan agama Katolik Roma menjadi agama mayoritas di Filipina. Di Filipina juga tersebar agama Islam, jumlah orang Islam di filipina 9% dari seluruh penduduk yang berjumlah sekitar 50 juta jiwa.

Masyarakat Muslin ini terdiri dari berbagai kelompok etnolonguistik seperti Maranao, Maguindanao, Tausug, Samal, Yakan, Jamamapun, Badjo, Kalibugan, Kalagan, dan Sangil. Secara bersama-sama orang muslim di Filipina itu disebut Moro (berkulit hitam).

Sebagian orang-orang Moro adalah nelayan dan petani. Namun ada juga orang-orang islam yang bekerja di sektor pemerintahan sebagai guru, administratur, personil angkatan bersenjata,pegawai kantor dan adapula yang menjadi Gubernur. 

Orang Muslim yang berpendidikan sekular mudah menyatu dengan negara filipina, sedangkan yang berpendidikan agama menghendaki negara sendiri.kebijakan pemerintah untuk membangun Mindanao menimbulkan kecurigaan orang islam di pulau itu. 

Karena itu mereka lalu memdirikan MNLF (Moro National Liberation Front) sebab mereka merasa dieksploitasi secara ekonomi. Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah, seperti otonomi khusus, kesejahteraan kaum muslim dan pelaksanaan hukum keluarga bagi kaum Muslim, lambat laun mengubah kehidupan di filipina selatan menuju perbaikan. 

Berembusnya demokrasi di Filipina juga memunculkan sikap positif terhadap penduduk Muslim, sehingga terjadi simbiosis yang mutualistis.

Secara geografis filipina terletak pada bagian api pasifik (pasific's Ring Of Fire) yang merupakan bagian pailing aktif pada kerak bumi.{2}

A. Spanyol di Filipina
Bangsa Spanyol mulai mengausai Filipina semenjak Ferdinand Magelan menemukan pulau Filipina pada tahun 1521. Yang mana bangsa Spanyol melanggar perjanjian Saragosa dan mulai melakukan ekspansi ke daerah indo-cina pada tahun 1564. 

Setelah itu bangsa Spanyol memperluas kekuasaannya ke pulau-pulau di filipina seperti Luzon, Mindanao, dan Visayas. Bangsa Spanyol memberi nama negeri ini dengan Filipina sebagai penghormatan atas Raja Spanyol yaitu Raja Philip II yang berkuasa pada masa itu.

Pada tahun 1571 Spanyol berhasil menguasai daerah Manila sebagai pusat ibukota negara Filipina. Dengan penguasaan ibukota ini, Filipina menjadi daerah jajahan Spanyol secara paksa. Ada 3 hal yang diinginkan oleh Spanyol dengan menguasai filipina yaitu:

1. Ingin ikut serta dalam perdagangan rempah-rempah
2. Untuk mengadakan hubungan dengan Cina dan Jepang
3. Untuk menyebarkan agama kristen

Sasaran utama untuk memajukan Filipina yaitu membebaskan sebebas mungkin orang cina dalam perdagangan di Manila dan sekaligus untuk menyaingi Belanda dalam kongsi dagangnya yang dikenal dengan VOC sebagai surga perdagangan rempah-rempah.

Untuk memperkuat perdagangannya, bangsa Spanyol menyerang Maluku karena Maluku adalah pusat rempah-rempah Belanda(VOC) tapi serangan itu gagal dan menyebabkan ekonomi perdagangan Spanyol memburuk atau menurun.

Untuk memulihkan kembali ekonominya, bangsa Spanyol menerapkan sistem Monopoli yang mana orang-orang Pribumi Filipina wajib menjual hasil pertaniannya kepada pihak Spanyol dan dibayar dengan surat hutang. Bangsa Spanyol juga menerapkan sistem kerja paksa terhadap semua orang Pribumi Filipina kecuali Pejabat dan anak laki-laki pertama dalam sebuah keluarga.

Karena letak Filipina yang strategis yaitu diantara asia dan dunia baru Amerika, Filipina tumbuh menjadi jalur penghubung perdagangan dan transportasi kedua kawasan itu.

B. Perang Spanyol dengan Amerika
Perang Amerika dengan Spanyol terjadi pada tanggal 25 April – 12 Agustus 1898 bertempat di Kuba, Puerto Riko, Filipina dan Guam. Perang ini terjadi karena Amerika Serikat melakukan campur tangan atas isu politik luar negeri di Koloni Spanyol.

Isu politik di Kuba berkembang menjadi konflik global setelah armada Amerika berusaha mengusir Spanyol dari koloninya di Karibia dan Pasifik Selatan. Kemudian Amerika Serikat mendirikan pemerintahan sementara di Kuba dan mengambil kendali atas koloni Spanyol di Puerto Riko, Guam dan Filipina melalui Traktat Paris 10 Desember 1898.

 Bagi Spanyol, konflik ini disebut sebagai "Bencana" yang melemahkan Pemerintahan Restorasi. Sehingga kekuasaaan Spanyol berakhir di Filipina dan kemudian Filipina diambil alih oleh Amerika.

C. Perang Filipina dengan Amerika
Perang Filipina dengan Amerika terjadi karena perjuangan politik Filipina yang menentang kedudukan Amerika atas Filipina. Perang Filipina dengan Amerika adalah konflik militer antara Republik Filipina pertama dengan Amerika serikat yang terjadi pada tahun 1899- tahun 1902.

Setelah pendudukan Jepang selama perang dunia II, Filipina menjadi negara merdeka pada tahun 1946. Dan kemudian dimulailah diktator Filipina oleh Ferdinand Marcos.{3}

Ferdinand Marcos
Ferdinand Edralin Marcoslahir pada tanggal 11 September 1917di Sarrat,ilocos Norte,Filipina .ia adalah Presiden ke sepuluh Filipina. Ia menjabat dari tanggal 30 Desember 1965-25 february 1986. Sebelum ia menjabat sebagai Presiden ia dulunya adalah seorang pengacara. Ia pernah masuk penjara karena dituduh melakukan pembunuhan lawan politik ayahnya pada tahun 1939.

Ia juga turut berperang melawan Jepang dalam perang dunia II dan memperoleh penghargaan atas jasa-jasanya selama perang.

Ferdinand marcos adalah presiden Filipina pertama yang terpilih untuk menjabat selama dua periode. Anggota keluarga Marcos banyak yang diberi jabatan penting dan menguntungkan di pemerintahan.
Ia juga mengganti sebuah konstitusi, ketika Marcos menjabat sebagai presiden filipina. Berdasarkan konstitusi 1973, beberapa lembaga yang memegang peranan dalam struktur pemerintahan negara yaitu :

1. Presiden
2. Kabinet atau dewan menteri
3. Majelis national
4. Mahkamah agung

Banyak produk politik Marcos dalam menjalankan kekuasaannya yang bertentangan dengan konstitusi. Pada tahun 1972 Marcos mendirikan rezim otoriter yang memperbolrhkannya tetap berkuasa di filipina sampai rezim tersebut dihapuskan pada tahun 1981.dengan menggunakan hukum darurat militer sebagai alat untuk menekan oposisi.

Ferdinand marcos kemudian dilantik kembali pada tahun yang sama untuk menjabat dalam waktu 6 tahun. Dan dalam waktu itu juga diwarnai dengan,

1. Pengaturan politik yang tidak baik
2. Masalah kesehatan yang buruk
3. Serta pelanggaran HAM oleh pihak militer
4. Korrupsi yang merajalela dalam sistem pemerintahan

Dan pada waktu itu terjadilah kasus pembunuhan pemimpin oposisi Benigno Aquino Jr yang terjadi pada tahun 1983. Hal ini mulai memicu ketidakpuasan publik terhadap pemerintahan Marcos, sejarah Filipina mulai pendudukan Spanyol.

Pada tahun 1986 Marcos terpilih untuk keempat kalinya dalam sebuah pemilu yang diduga banyak diwarnai kecurangan. Ferdinand Marcos akhirnya diturunkan dari jabatannya sebagai Presiden dalam Revolusi EDSA pada tahun yang sama.Revolusi EDSA adalah sebuah revolusi yang damai di bawah pimpinan Corazon Aquino yang mana Corazon Aquino adalah janda dari Benigno Aquino.

Bendera Filipina (Foto: Reuters)

Ferdinand marcos bersama istrinya Imelda marcos melarikan diri ke Hawaii. Disana ia dituduh menggelapkan uang pinjaman dari luar negeri untuk kepentingannya dan kroni-kroninya terutama pinjaman dari Amerika Serikat yang merupakan sekutu terdekat Filipina.

Ferdinand Marcos meninggal dunia pada tahun 1989 di Honolulu, Hawaii akibat penyakit ginjal, Jantung, dan paru-paru dan ia dimakamkan di Hawaii.{4}

DAFTAR PUSTAKA

Ensiklopedia Geografi Dunia untuk pelajar dan umum asia timur dan afrika, penerbit: PT lentera Abadi, Jakarta.

Widyasusanto, Sejarah Filipina,Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, 1982

id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Filipina 

www.wikipedia.Ferdinand Marcos.co.id