Sejarah Singkat Peradaban Yunani Kuno

Sejarah Peradaban Yunani Kuno - Munculnya peradaban Yunani bermula dari kerajaan Kreta yang menguasai hampir semua kota-kota perdagangan penting Yunani dan wilayah-wilayah lain di sekitar Laut tengah pada sekitar 1250 sm. Salah satu kota pusat perdagangan yang merupakan kloni kerajaan Kreta adalah Mycenae. Setelah Kereta runtuh, kota pelabuhan Mycenae menggantikan peranan kerajaan Kereta.

Keadaan Geografis Yunani Kuno
Letak geografis Yunani terletak di Ujung Selatan Semenanjung Balkan. Selain di daratan tersebut wilayahnya juga meliputi pulau di Laut Aegeia. Batas-batas Yunani sekarang ini di utara berbatasan dengan Albania, Macedonia, Bulgaria dan Turki, di timur adalah Laut Aegeia, di selatan adalah Laut Tengah dan di barat adalah Laut Ionia

Sebagian besar wilayah Yunani pegunungan sehingga antar wilayah terpisah antara satu dengan yang lain. Pegunungan dan teluk-teluk di Yunani yang tak terhitung banyaknya pada waktu itu menghalangi komunikasi melalui darat. Lembah-lembah dan daratan rendah yang terpisah-pisah merupakan unit geografis dan ekonomi yang bersifat alami, dan menjadi pemisah kesatuan unit politik. 

Kesatuan politik itu disebut Polis dan Negara Kota (City State) yang wilayahnya meliputi kota itu sendiri dan daerah sekitarnya. Tanah Yunani yang bergunung-gunung pada umumnya kurang subur. Di lereng pegunungan masyarakat dapat menanam gandum serta anggur. Untuk mencari daerah yang subur maka para petani (disebut Colonus) meninggalkan negerinya dan mendirikan daerah koloni di sekitar Yunani.

Selain kegiatan pertanian, masyarakat Yunani juga mengembangkan perekonomian melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan. karena letaknya yang strategis di perairan Laut Tengah. Bangsa Yunani merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang yang berasal dari padang rumput sekitar Laut Kaspia. Mereka termasuk Ras Indo Jerman yang disebut bangsa Hellas yang gagah berani. Mereka berimigrasi sejak tahun 1400 Sebelum Masehi, kemudian menetap di berbagai daerah.

Suku bangsa Doria menetap di jazirah Peloponesos dengan polis utamanya Sparta. Suku bangsa Ionia menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena. Suku bangsa Aeolia menetap di Yunani Utara dengan polis utamanya Delphi. Kehidupan masyarakat Yunani yang mendiami wilayah beriklim mediteran yang selalu hangat dan segar memungkinkan bersikap optimis dan berwatak riang. Suasana langit yang terang tanpa banyak awan di daerah Attica (Athena) juga menyebabkan semangat penduduknya tinggi dan kreasinya menonjol.

Sistem Politik Pemerintahan Yunani Kuno
Sistem pemerintahan Yunani Kuna sangat beragam.hal ini disebabkan karena masing-masing wilayah (Negara Kota atau Polis) memiliki sistem pemerintahan sendiri-sendiri.Diantara polis-polis tersebut, polis Sparta dan Athena adalah yang paling terkenal, Peradaban Yunani Kuno. Tata pemerintahan Sparta diperoleh dari Lycurgus (900 SM) yang memiliki sifat aristokrasi militer, dimana kaum bangsawan memiliki peran sentral dalam pemerintahan.

Pemimpin pemerintahan dipegang oleh dua orang raja yang masing-masing sama-sama memiliki pasukan. Dalam menjalankan pemerintahan mereka dibantu oleh dewan penasehat yang beranggotakan para orang tua (ephorus) yang berpengaruh.

Sementara tata pemerintahan Athena digariskan oleh Solon (600SM) yang memiliki sifat oligarkis-demokratis. Pemerintahan berada ditangan orang-orang yang dianggap mulia. Tetapi kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat melalui pemilu langsung. Selain Solon, negarawan terkenal lainnya adalah Pericles (460-429) dalam masa pemerintahannya, untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara.

Ia mengadakan perjanjian-perjanjian dengan negara atau kerajaan luar, seperti yang pernah dilakukan dengan Persia (448SM) Dan Sparta (446SM) untuk mensejahterakan rakyat, diatur beberapa kebijakan khusus yang berkaitan dengan sistem perdagangan. Dengan adanya pengaturan tersebut telah menjadikan Athena sebagai pusat perdagangan terkenal di laut tengah. Kedua corak pemerintahan beberapa negara modern sekarang dengan sebutan dictator militer dan demokrasi parlementer.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Yunani Kuno
Yunani telah melahirkan beberapa ahli dalam bidang ilmu pengetahuan yang terkenal, seperti:
1. Herodotus (484-425 SM) yang dianggap sebagai Bapak sejarah dunia.
2. Tucydides (460-393 SM), seorang ahli sejarah yang menulis buku tentang
3. Pythagoras (750-500SM), ahli dalam ilmu pasti atau matematika.
4. Archimedes (287-212 SM) ilmuwan yang menemukan hukum Archimedes.
5. Claudius Ptolomues (ahli ilmu Falak)

Sastra Yunani Kuno
Karya sastra terkenal Yunani Kuno diantaranya adalah llliyas dan Odysse, yang keduanya berisi cerita kepahlawanan dan ditulis oleh Homerus pada sekitar abad ke-8 SM. llliyas menceritakan tentang peperangan yang terjadi antara Yunani dan Troya yang berlangsung selama 51 hari. Perang ini disebabkan oleh penculikan yang dilakukan putra mahkota Troya yang bernama Paris atau permaisuri Helena dari Sparta. Sementara Odysse mengisahkan perjalanan kembali tentara Yunani dari perang Troya. Kisah perjalanan tersebut merupakan kisah 40 hari dari 10 tahun peperangan Yunani melawan Troya.

Filsafat Yunani Kuno
Dalam bidang filsafat,Yunani telah melahirkan nama tokoh-tokoh filsuf besar dunia yang pengaruh pemikirannya senantiasa hidup hingga saat sekarang karena menjadi rujukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan baik di Timur maupun Barat.
  1. Socrates(469-399 SM)terkenal dengan ajarannya tentang ilmu kebijakan dengan mendasarkan pada logika piker.
  2. Plato (427-346 SM) terkenal dengan ajarannya tentang ilmu tatanegara dan undang-undang.
  3. Aristoteles (384-322 SM)terkenal dengan ajarannya tentang ilmu biologi
  4. Hipokrates yang terkenal dengan ajarannya yang berkaitan denan kode etik kedokteran.
Sejarah Singkat Peradaban Yunani Kuno
Raphael School of Athens/wikibooks.org

Seni Bangunan Yunani Kuno
Terinspirasi akan kepercayaan pada dewa-dewa,bangsa Yunani terdorong untuk membuat bangunan-bangunan indah sebagai monumen.diantarannya yang terkenal adalah kuil Acropolis dan Parthenon yang terletak di kota Athena.bangunan kuil terkenal lainnya adalah kuil Zeus di bukit Olympus.

Sistem Kepercayaan dan Budaya Yunani Kuno
Kepercayaan yang bersifat politeisme. Bangsa Yunani mempercayai dan menyembah dewa-dewa yang merekla gambarkan sebagai manusia biasa tetapi lebih sempurna. Dewa terbesar dalam kepercayaan mereka adalah Zeus yang menguasai langit dan bumi serta bertahta dibukit Olympus. Kepercayaan akan adanya manusia setengah Dewa

Manusia setengah dewa yang dimaksud dalam kepercayaan Yunani kuna ini umumnya mengacu pada para perwira-perwira tertentu yang memiliki kesaktian tertentu, Sejarah Singkat Peradaban Yunani Kuno. Seperti Paris (penyulut terjadinya perang Troya), Achille, pahlawan Sparta yang berhasil membunuh Hector (pahlawan dari Troya), Theseuis yang berhasil membunuh Minotaurus.

Kepercayaan akan ramalan Delphi
Delphi adalah nama tempat tinggal beberapa dewa.bila masyarakat akan melakukan sesuatu yang besar, mereka akan datang terlebih dahulu ke Delphi untuk memperoleh ramalan.

Hellenisnme
Merupakan pencampuran antara kebudayaan Yunani dan kebudayaan Timur. Kebudayaan Yunani yang bernilai Agung. Kebudayaan itu kemudian berpadu dengan kebudayaan Mesir, Babylon, India, sehingga timbullah Hellenisme yang bersifat Universal

DAFTAR PUSTAKA
Supriatna, Nana. 2006. Sejarah SMA Untuk kelasX.Yogyakarta: Penerbit Amara

Http://www. pembelajaranilmusejarah.blogspot.com/.../normal-0-fa...